PENYEBAB ,GEJALA DAN PENGOBATAN JANTUNG BOCOR

PENYEBAB ,GEJALA DAN PENGOBATAN JANTUNG BOCORpenyebab gejala jantung bocor dan pengobtannya

PENYEBAB ,GEJALA DAN PENGOBATAN JANTUNG BOCOR – Penyakit jantung bocor sering dikaitkan dengan penyakit jantung bawaan atau congenital  heart disease karena penyakit ini merupakan sebuah penyakit bawaan sejak lahir ,maka dari itu kebanyakan penderita jantung bocor merupakan bayi dan anak anak namun tidak menutup kemungkinan pemyakit ini dapat terjadi juga pada orang dewasa.

Gejala yang ditimbulkan dari kelainan jantung bocor sendiri beragam mulai dari yang ringan hingga yang menimbulkan kematian.

Penyakit jantung bocor sendiri merupakan penyakit yang berkaitan dengan terjadinya suatu anomalia dalam struktur jantung atau terjadi ketidaksempurnaan selama proses pembentukan organ jantung saat bayi masih dalam kandungan.

Jantung memiliki 4 ruang yaitu 2 ruang dibagian atas yang biasa disebut serambi kanan dan serambi juga 2 ruang dibagian bawah yang disebut bilik kana dan bilk kiri.

Jantung Bagian Kanan Berfungsi Untuk Menerima Dan Mengantarkan Darah

Sedangkan bagian sebelah kiri berfunsi menerima darah dari paru paru yang kaya akan oksigen dan mengantarkan keseluruh tubuh .

Ada 3 gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini berdasarkan pada tingkat keparahannya.gejala pada vsd kecil diantaranya :

Tidak terlalu telihat

Perkembangan anak masih normal

Adanya ganguan pada jantung baru terdeteksi pada usia 2 hingga 6bulan

Jenis penyakit jantung bocor

Secara medis terdapat  kelainan jantung bocor ,yaitu .

    • VSD ( ventracular septal defect )

Merupakan defek pada septum ventrikular ,dinding yang membagi ventrikel kiri dan kanan jantung.

Kelainan jantung ini berupa lubang pada sekat antar bilik jantun yang menyebabkan  kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung .kebocoran ini membuat sebagian darah rendah oksigen kembali ke paru paru sehingga menghalangi darah rendah oksigen memasuki paru paru .faktor faktor yang dapat mrnjadi penyebab timbulnya penyakit vsd adalah :

  • Infeksi virus pada ibu hamil
  • Gizi ibu hamil buruk
  • Ibu yang alkoholik
  • Ibu hamil diatas usia 40 tahun
  • Ibu hamil yang menderita diabetes
  • TF (Tetralogi Fallot)

Merupakan suatu kelainan dimana darah yang miskin oksigen terpompa ke seluruh tubuh. Biasanya akan terjadi sianosis atau kebiruan pada kulit bayi saat mereka makan, menangis, ataupun gelisah, ini disebabkan karena kadar oksigen yang menurun tajam, biasanya terjadinya pada bayi yang berumur 8 hingga 16 minggu. Faktor yang menyebabkan timbulnya kelainan ini adalah:

  • Ibu hamil di atas 40 tahun
  • Ibu hamil terinfeksi virus rubella
  • Kurang gizi selama kehamilan

Ibu diabetes

  • Ibu alkoholik dan pecandu obat- obatan
  • Adanya kelainan down syndrome

Gejala yang ditimbulkan antara lain:

  • Sesak nafas
  • Sianosis pada mulut, bibir, serta membran mukosa yang melapisi permukaan hidung dan mulut bagian dalam
  • Dasar kuku tangan dan kaki berbentuk cembung atau bulat yang disebabkan pembesaran tulang atau kulit di sekitar kuku
  • Rewel
  • Pingsan
  • Tumbuh kembang terhambat
  • Mudah lelah
  • Berat badan susah naik

Cara Mendiagnosa Penyakit Jantung Bocor

Semakin berkembangnya zaman, tentu alat-alat kesehatan juga semakin maju, begitu juga untuk memeriksa kesehatan jantung Anda. Anda dapat melakukan test jantung yang berfungsi untuk mengetahui apakah ada penyakit di dalam tubuh Anda. Berikut ini test yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosa jantung Anda:

  1. Rontgent/Radiology

Biasa disebut juga dengan rontgent thorax adalah foto dada yang memuat foto paru- paru, jantung, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa, juga tulang dada dan tulang belakang termasuk tulang payudara, tulang rusuk, tulang selangka, dan tulang di bagian atas tulang belakang. Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui penyakit yang berhubungan dengan paru – paru, jantung, ukuran dan bentuk jantung, pembuluh darah, patah tulang, kandungan kalsium dalam jantung dan darah.

  1. Ekokardiografi/USG Jantung

Sebuah metode pemeriksaan kondisi jantung dengan menggunakan ultrasound untuk membuat gambar jantung. Sebuah sensor elektronik ditempatkan di dada, kemudian pantulan gelombang suara dari jantung akan direkam. Informasi tersebut akan diolah oleh komputer sehingga menghasilkan gambar dua atau tiga dimensi yang akan menggambarkan fungsi dan katup jantung. Metode ini digunakan untuk melihat kondisi katup dan bilik jantung.

  1. Magnetic Resonance Imaging/MRI

Merupakan alat pemindai organ tubuh yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio. Proses metode MRI adalah tubuh akan dimasukkan ke dalam suatu alat yang besar dengan medan magnet yang kuat untuk menampilkan struktur organ tubuh yang berupa foto digital yang dapat disimpan di dalam komputer. Metode MRI dapat memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat dilihat oleh metode lain seperti X-ray, ultrasound, atau pun CT scan jantun.

  1. Electrocardiography/EKG

Caranya adalah dengan merekan aktivitas listrik jantung. Dengan cara ini dapat pula digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung lainnya. EKG dapat juga dilakukan dengan berolahraga, selama pasien berolahraga maka EKG akan mencatat perubahan aktivitas jantung.

  1. Angiografi Koroner

Angiografi koroner hanya dapat dilakukan olej pasien di atas 35 tahun. Yaitu suatu metode menggunakan teknologi pencitraan sinar X untuk mengamati pembuluh darah jantung.

Metode ini biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah arteri dan juga untuk mengetahui apakah darah mengalir dengan lancar pada arteri jantung.

Obat untuk Jantung Bocor

Apabila Anda terdeteksi terserang jantung bocor, maka dokter akan meresepkan beberapa obat yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi resiko yang lebih parah lagi. Berikut ini beberapa obat yang dokter resepkan:

Digoxin/Lanoxin. Obat untuk meningkatkan kontraksi jantung.

Furosemide/Lasix. Obat untuk mengurangi cairan dalam sirkulasi pembuluh darah dan paru-paru.

Lopressor. Obat untuk menjaga detak jantung agar tetap teratur.

Antibiotik. Untuk pencegahan dari terjadinya risiko endokarditis infektif.

Terapi medikamentosa. Merupakan metode baru yang menggunakan obat atau bahan kimia. Ada tiga tahap dalam terapi medikamentosa, yaitu:

Pertama pemberian diuretik berfungsi untuk meringankan beban jantung dan mengurangi timbulnya bengkak. Obat yang digunakan seperti spironolakton.

Kedua pemberian B-Blockers yang berfungsi untuk mengurangi beban jantung dan dilatasi pembuluh darah. Obat yang digunakan seperti propanolol.

Ketiga pemberian agen inotropik yang berfungsi untuk menstimulasi kontraksi jantung.

Pengobatan melalui Sistem Operasi

Salah satu metode yang digunakan untuk mengobati penyakit kelainan jantung bocor yang sudah kronis adalah dengan melalui operasi.

Di zaman seperti sekarang ini di mana teknik, fasilitas, dan juga tenaga medis semakin berkembang, operasi tidak lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut adalah prosedur yang dilakukan dalam cara pengobatan jantung bocor melalui operasi:

Kateterisasi Jantung

Pengobatan ini dilakukan dengan caranya memasukkan pipa/selang plastik/kateter ke dalam jantung. Kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah di pangkal paha kemudian diarahkan ke jantung menggunakan teknik pencitraan. Dokter kemudian memasang plug atau patch untuk menutup lubang.

Metode ini biasa diterapkan untuk mengobati penyakit ASD secundum. Metode ini juga dapat digunakan untuk terapi apabila terjadi kelainan pada jantung.

Operasi Jantung Terbuka

Operasi ini dilakukan dengan cara membuka rongga jantung, dengan begitu sistem pernapasan dan sirkulasi darah akan diambil alih. Di bawah anestesi umum dan sayatan di dada, ahli bedah memasukkan patch untuk menutup lubang. Metode ini hanya bisa diterapkan pada kelainan ASD primum, venosus sinus, dan sinus koroner. Metode ini dapat juga diterapkan sebagai terapi untuk penyakit VSD.

Pengobatan melalui metode operasi ini dapat dikatakan cukup mahal karena untuk sekali operasi jantung saja dapat mencapai Rp 150 juta bahkan sekarang untuk sekali operasi bisa memakan biaya hingga Rp 200 juta belum lagi dengan biaya pasca operasi yang bila di rupiah kan dapat mencapai Rp 300 juta.

Cara Pencegahan Penyakit Jantung Bocor

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu Anda harus menerapkan gaya hidup jantung sehat agar terhindar dari jantung bocor maupun penyakit jantung yang lainnya. Berikut ini beberapa pencegahan jantung bocor:

Selama masa kehamilan rajin melakukan kontrol dokter dengan teratur.

Apabila menderita penyakit yang berhubungan dengan penyebab jantung bocor lebih diperhatikan seperti menjaga kadar gula bagi penderita gula darah.

Dapat juga dilakukan pengecekan menggunakan ultrasound seperti USG.

Untuk ibu hamil banyaklah makan makanan yang mengandung banyak gizi sebab gizi buruk dapat berpengaruh besar terhadap ketidaksempurnaan janin semasa kandungan.

Hindari rokok, alkohol, fast food dan asap polusi.

baca artikel : apakah jantung bocor pada usia bayi bisa sembuh ?

Demikian informasi mengenai jantung bocor yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan Anda mulai dari sekarang.klik>>> cara mengobati jantung bocor alami  manjur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*